STUDI BANDING

STUDI BANDING PROBOLINGGO – JEMBER 20-22 SEPTEMBER 2015

DSC03183

Dalam rangka Pengembangan SDM Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Ponorogo pada tanggal 20 s.d 22 September 2015 dilaksanakan kegiatan studi banding ke Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo dan Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Kabupaten Jember, diharapkan dengan  meningkatnya SDM pada Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Ponorogo bisa memenuhi standart tenaga perpustakaan seperti yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, yang pada akhirnya bisa meningkatkan kinerja dan produktivitas kerja meraka.

Tujuan pertama dalam studi banding adalah Kantor Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo yang beralamat di jalan A. Yani No. 01 Kraksaan Probolinggo, area perpustakaan seluas 1750 m­2., khusus runag baca umum, ruang baca referensi, ruang baca anak dan ruang Internet menempati bangunan seluas174 m², sedangkan sisanya untuk kegiatan administrasi perkantoran, musholla dan halaman/taman.

Dengan Jumlah koleksi buku 20.000 judul dan 50.000 eksemplar, Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo membuka layanan kunjungan pemustaka setiap hari Senin- Kamis pukul 08.00 – 15.30 WIB, Jum’at pukul 08.00 – 11.00 WIB dan Sabtu – Minggu Pukul 08.00 – 16.00 WIB. Salah satu kegiatan yang sangat menarik dan belum pernah dilaksanakan oleh Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Ponorogo adalah kegiatan temu bocah dengan mendatangkan pendong dan adanya layanan e-book untuk pemustaka.

Kunjungan ke Kantor Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo diakhiri dengan pengambilan foto bersama dan saling bertukar tali asih untuk memperkenalkan khas dan budaya dari masing – masing daerah, dan tentunya dengan berbagi ilmu dan pengalaman untuk bisa meningkatkan layanan perpustakaan.

Menuju ke tujuan berikutnya adalah Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Jember, Kantor yang beralamat di jalan Letjend Panjaitan no 49 Jember ini memiliki Visi Terwujudnya Jember Membaca dan Tertib Arsib 2015.

Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Jember memiliki beberapa kegiatan yang sangat menarik yang bisa dijadikan inspirasi untuk Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Ponorogo dalam menyusun kegiatannya, diantaranya ialah layanan perpustakaan keliling yang didukung oleh sarana berupa 3 unit bus dan 1 unit mobil Hilux.

Bus Perpustakaan Keliling

 Bus keliling kantor Perpustakaan, Arsip dan dokumentasi Kab. Jember

 

            Program dan kegiatan inovatif lain yang perlu diadopsi antara lain:

  1. Layanan akses internet untuk pemustaka
  2. Layanan e-book untuk pemustaka
  3. Lomba Majalah dinding
  4. Lomba jurnalistik
  5. Road show perpustakaan se Propinsi Jawa Timur
  6. Pameran buku bekerjasama dengan penerbit
  7. Membentuk komunitas baca
  8. Temu bocah dengan mendatangkan pendongen
  9. Temu pemustaka
  10. Menerima kunjungan dari KB dan TK
  11. Seminar untuk  pemustaka
  12. Kelas menulis untuk pemustaka
  13. Membuka layanan pada hari sabtu dan minggu

 

Kunjungan di Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Jember diakhiri dengan foto bersama, bertukar tali asih dan saling bertukar ilmu serta pengalaman. Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh jajaran Kantor Peprustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo dan Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Jember atas sambutannya yang luar biasa, atas ilmu dan pengalamannya sudah dibagi kepada kami.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perpus © 2014 Frontier Theme