SEJARAH KANTOR PERPUSTAKAAN DAERAH

SEJARAH KANTOR PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PONOROGO

Perpustakaan sebagai sarana penyimpanan dan penyedia informasi dan pelestarian kebudayaan yang berperan penting untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Untuk itu pada Tahun 1985 didirikan Perpustakaan Umum Dati II Ponorogo yang bernaung dibawah Bagian Hukum Pemda Ponorogo, yang kemudian berubah menjadi Perpustakaan Umum Dati II Ponorogo pada Tahun 1987 dibawah Bagian Kesra.

Berdasarkan Perbub Nomor 110 Tahun 2003 dirubah lagi menjadi UPTD Perpustakaan Umum yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo. Dengan adanya perubahan struktur organisasi yang baru berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Nomor 11 Tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja Inspektorat, UPTD Perpustakaan Umum Kabupaten Ponorogo berkembang menjadi Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Ponorogo.

Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Ponorogo merupakan instansi pemerintah yang berada diwilayah Kabupaten Ponorogo dengan wilayah yang harus dilayani seluas 1.371,78 Km2 yang terdiri dari 21 Kecamatan dan 308 Desa/Kelurahan. Jumlah penduduk yang harus dilayani sebanyak 190.214 orang terdiri dari pelajar, mahasiswa, PNS, TNI, POLRI dan masyarakat umum. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya perpustakaan didukung oleh tenaga profesional struktural, pustakawan dan staf perpustakaan yang memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki. Saat ini Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Ponorogo menempati satu area gedung dengan alamat Jalan trunojoyo Nomor 145 Tambakbayan Ponorogo.

Didalam perpustakaan tersimpan beragam rekaman ilmu pengetahuan mencakup berbagai disiplin ilmu yang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan, wawasan dan kemampuan sumber daya manusia, sebagai pengelola karya intelektual, perpustakaan memiliki berbagai fungsi yang mengandung nilai-nilai informasi, pendidikan, referensi, pelestarian dan rekreasi (Infotainment dan Edutaintment)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perpus © 2014 Frontier Theme