SOSIALISASI APLIKASI SRIKANDI DI LINGKUP PEMKAB PONOROGO

perpusippo Uncategorized

Ponorogo – Asisten Administrasi Umum mewakili Bupati Ponorogo, Bapak Sapto, bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo, Ibu Dewi Wuri Handayani, S.Sos., Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Ponorogo Bapak Bambang Suhendro, S.T., M.M., dan Narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia, Bapak Muhammad Solihin menghadiri sekaligus memberi sambutan pada acara Launching Penerapan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di Kabupaten Ponorogo.

Peluncuran SRIKANDI yang diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo, dilaksanakan di Ruang Pertemuan, Gedung BAPPEDA Litbang Lantai 2, Rabu (07/12)

Turut hadir dalam acara peluncuran SRIKANDI di wilayah Kabupaten Ponorogo, Perwakilan dari kesekretariatan DPRD, Perwakilan Satpol-PP Ponorogo, Perwakilan Inspektorat Kabupaten Ponorogo, Perwakilan Kepala OPD di lingkup Pemkab Ponorogo, Perwakilan Camat se-Ponorogo, dan undangan lainnya.

Launching SRIKANDI dilaksanakan oleh Asisten Administrasi Umum Bapak Sapto yang mewakili Bupati Ponorogo, ditandai dengan mengucapkan basmalah bersama-sama serta mengetuk mic tiga kali.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo, Ibu Dewi Wuri Handayani, S.Sos. menyampaikan beberapa kepentingan dari digitalisasi arsip, beberapa diantaranya adalah upaya melaksanakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkup Pemkab Ponorogo, mendukung upaya pelaksanaan kearsipan digital dan upaya pemerintah untuk mengurangi dokumen kertas (paperless)

Asisten Administrasi Umum mewakili Bupati Ponorogo, Bapak Sapto, atas nama Bupati Ponorogo sangat menyambut baik dan mengapresiasi launching penerapan SRIKANDI untuk segera diberlakukan di seluruh Pemerintahan Kabupaten Ponorogo, karena melalui penerapan SRIKANDI ini merupakan wujud penyelenggaraan kearsipan berbasis teknologi informasi komunikasi sehingga pengelolaan arsip lebih efektif dan efisien dalam proses administrasi pemerintahan, khususnya di lingkup Pemkab Ponorogo.

Lebih lanjut Bapak Sapto mengatakan di era globalisasi, lembaga pemerintahan harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi, apalagi sudah banyak teknologi yang mengunakan internet yang sangat memudahkan. maka dari itu sangatlah tepat kalau pengelolaan kearsipan harus mengikuti perkembangan zaman.

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Ponorogo Bapak Bambang Suhendro, S.T., M.M., menjelaskan bahwa memasuki era sekarang, mau tidak mau digitalisasi akan terlaskana. hal itu dibuktikan dengan disosialisasikannya aplikasi SRIKANDI, yang salah satunya adalah mengupayakan dokumen paperless atau dokumen dengan lebih sedikit kertas. bahkan Bapak Bambang menjelaskan bahwa kedepannya, seluruh undangan softfile akan disepakati sebagai undangan resmi di lingkup pemerintahan.

Sementara Narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia, Bapak Muhammad Solihin menjelaskan secara rinci tujuan dari launching dan sosialisasi aplikasi SRIKANDI adalah menyelaraskan menyatukan persepsi serta memperluas pengetahuan atas aplikasi SRIKANDI yang nantinya akan diterapkan di lingkungan Pemkab Ponorogo. Membangun kesadaran pentingnya mengelola arsip secara elektronik, Membangun penyelenggaraan tertib arsip, untuk menjamin agar pencipta arsip di daerah dapat mewujudkan pengelolaan arsip yang lebih baik sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pada penghujung acara, Panitia Penyelenggara mengadakan sesi tanya jawab diantara Narasumber ANRI Bapak Muhammad Solihin dan Kepala OPD Ponorogo, agar sosialisasi Aplikasi SRIKANDI dapat dipahami dengan baik oleh para pemangku kepentingan di lingkup Pemkab Ponorogo, dan acara ditutup dengan sesi perfotoan bersama.

 

Reporter Mohammad Abdul Hamid Alfarizi

Photo Revydo Putra Perdana

You May Also Like..

PENGUMUMAN PESERTA LOLOS FINAL LOMBA BERTUTUR BAGI SISWA/SISWI SD/MI TINGKAT KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2023

Berikut Daftar Peserta Yang Lolos Menuju Final Loma Bertutur bagi Siswa/Siswi SD/MI Tingkat Kabupaten Ponorogo   daftar peserta 25 besar

Yuk Ikuti Lomba Penulisan Konten Lokal 2023

  Ponorogo –┬áDinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo Menyelenggarakan Lomba Penulisan Konten Lokal Tahun 2023. Lomba ini terbuka untuk umum […]

Lomba Mewarnai Untuk Anak Dalam Rangkaian Kegiatan Bazar Buku 2023

Pemenang Lomba Mewarnai Bersama Tim Pusda Kab. Ponorogo dan Diva Press Ponorogo –┬áSemangat dan keceriaan anak-anak mewarnai meriahnya pameran dan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *