Lomba Bertutur Bagi Siswa-Siswi SD/MI Tingkat Kabupaten Ponorogo Tahun 2022

perpusippo Uncategorized

  Penampilan salah satu peserta lomba bertutur tingkat Kabupaten Ponorogo

 

Ponorogo – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo kembali menyelenggarakan kegiatan Lomba Bertutur Bagi Siswa-Siswi SD/MI Tingkat Kabupaten Ponorogo Tahun 2022. Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya sebagai salah satu upaya dalam menumbuh kembangkan minat dan budaya baca bagi anak-anak. Lomba bertutur ini diselenggarakan pada Rabu, 23 Maret 2022, di ballroom hotel amaris Ponorogo dan diikuti oleh 25 peserta dari SD/MI di wilayah Kabupaten Ponorogo, dengan mengusung tema cerita rakyat Ponorogo dan pahlawan nasional. Dalam Sambutannya Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo, Ibu. Dewi Wuri Handayani, S.Sos menyampaikan, bahwa tema cerita rakyat, bermuatan lokal Ponorogo, yang mengandung nilai perjuangan, kepahlawanan atau legenda ini diambil dengan harapan anak-anak generasi penerus bangsa ini dapat mengenal budaya dan kearifan local sejak dini, dan lebih mengenal dan mencintai budaya daerahnya serta lebih luas lagi menanamkan cinta akan kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan serta nasionalisme.

Pemenang Lomba Bertutur Tingkat Kabupaten Ponorogo TA 2022

Pada kesempatan ini, juga hadir sebagai tamu undangan yaitu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo, Ketua K3S SD dan MI dan pemerhati literasi di wilayah Kabupaten Ponorogo. Untuk dapat menerapkan protokol kesehatan dengan tertib maka kegiatan ini dibagi menjadi 2 gelombang yaitu gelombang pertama hadir dan tampil pada pukul 09.00 s.d 12.00 WIB dan gelombang 2 hadir dan tampil pada pukul 13.00 s.d 15.30 WIB. Meskipun lomba dilaksanakan dengan menerapkan sistem bergelombang namun tidak menyurutkan semangat dan antusiasme peserta. Seluruh peserta tampil dengan sangat baik dan penuh semangat.

Dalam penilaian lomba kali ini terdapat 3 Juri sebagai tim penilai yang terdiri dari Kak Inge (Storryteller/pendongeng), Kak Arim Kamandaka (Pemerhati Literasi dan Budayawan) dan Kak Vita (Pustakawan). Dari hasil penilaian, terpilih 7 orang pemenang yaitu:

Juara 1 Rusydan Brilliant Akbar Nalendra Dari SD Muhammadiyah Ponorogo

Juara 2 Intan Rahma Juni Saputri dari SDN 3 Pulung

Juara 3 Shakayla Adzkiya El Queena Harfianto dari SDIT Qurrota A’yun

Juara Harapan 1 Mutiara Antika Putri Caesarea dari SDN Singkil

Juara Harapan 2 Lintang Pasha Aurela dari SDN 1 Karanglo Lor

Juara Harapan 3 Queensha Syadziyyuna Az-Zahra dari SDN 1 Balong

Juara Favorit Nayara Khaliqa Dzahin dari SDN 2 Kesugihan

Masing-masing pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa trophy, piagam dan uang pembinaan, serta juara 1 tingkat Kabupaten Ponorogo berhak untuk mewakili Kabupaten Ponorogo maju ke tingkat Provinsi Jawa Timur.

 

Berita ditulis oleh Vitasa, Gambar oleh Taufiqur Rahman

You May Also Like..

MENUJU PONOROGO HEBAT BERBUDAYA LITERASI, KANG SUGIRI SANCOKO KUKUHKAN PENGURUS DAERAH GPMB DAN BUNDA LITERASI PERIODE 2022-2026.

PONOROGO. Pemerintah Kabupaten Ponorogo melalui Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan, melaksanakan kegiatan pengukuhan Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD GPMB) […]

Layanan Perpustakaan Dimasa Pandemi Covid-19

Sejumlah pengunjung sedang menikmati koleksi perpustakaan Ponorogo – Memasuki tahun kedua sejak munculnya virus Covid-19 di seluruh penjuru dunia, dan munculnya […]

Layanan Prima Sebagai Upaya Reformasi Birokrasi

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo terus berupaya meningkatkan layanan terhadap masyarakat, baik pelayanan perpustakaan maupun pelayanan kearsipan. Salah satu […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.