MENUJU PONOROGO HEBAT BERBUDAYA LITERASI, KANG SUGIRI SANCOKO KUKUHKAN PENGURUS DAERAH GPMB DAN BUNDA LITERASI PERIODE 2022-2026.

perpusippo Uncategorized

PONOROGO. Pemerintah Kabupaten Ponorogo melalui Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan, melaksanakan kegiatan pengukuhan Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD GPMB) Kabupaten Ponorogo Periode 2022-2026, Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Ponorogo dan Pemberian Penghargaan kepada Penulis Konten Lokal dan Budaya Ponorogo pada Rabu, 08 Juni 2022 bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo .

Foto bersama Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo, beserta Bunda Literasi dan Pengurus PD GPMB Kab. Ponorogo

Pada kesempatan ini Kang Bupati Sugiri Sancoko secara langsung mengukuhkan Pengurus Daerah GPMB Kabupaten Ponorogo. Kepada Pengurus Daerah GPMB Kang Bupati Sugiri Sancoko berpesan untuk giat dan tulus mengemban amanah demi meningkatkan budaya literasi di Kabupaten Ponorogo. Selain itu pada kesempatan yang sama Kang Bupati Sugiri Sancoko juga mengukuhkan Bunda Susilowati Sugiri Sancoko sebagai Bunda Literasi Kabupaten Ponorogo beserta Ibu-Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Se Kabupaten Ponorogo sebagai Bunda Literasi Tingkat Kecamatan. Melalui peran seorang bunda sebagai duta literasi di tingkat keluarga diharapkan mampu membangun budaya membaca pada anak-anak sehingga akan tebangun generasi yang literate.

Pengalungan Selempang Bunda Literasi Oleh Bupati Ponorogo

Selain itu Kang Bupati Sugiri Sancoko beserta Wakil Bupati Ponorogo Ibu Hj. Lisdyarita, S.H juga menyerahkan penghargaan kepada penulis konten lokal dan budaya ponorogo. Pemberian pengharagaan ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Ponorogo Kepada para penulis yang telah melahirkan karya-karya konten lokal ponorogo dan berkontribusi dalam melengkapi koleksi konten lokal dan budaya ponorogo di perpustakaan umum daerah Kabupaten Ponorogo.

Pemberian Penghargaan Kepada Penulis Konten Lokal Ponorogo dan Budaya Jawa

Pada sambupatanya Kang Bupati Sugiri Sancoko menyatakan bahwa, Ponorogo merupakan kota yang memiliki warisan budaya literasi yang kuat, hal ini dapat dilihat dari adanya Tegalsari yang dulu merupakan tempat rujukan literasi, dimana tegalsari menjadi pusat pendidikan dan pusat keagamaan bagi masyarakat Ponorogo dan sekitarnya. Kang Bupati juga mengingatkan kepada masyarakat Ponorogo untuk kembali merujuk kepada Al-Qur’an bahwa perintah pertama dalam Al-Qur’an adalah “bacalah” atau perintah untuk membaca.

Hasto Hendarto Ketua PD GPMB Provinsi Jawa Timur yang hadir pada kesempatan ini, menjelaskan bahwa generasi muda akan mampu menyongsong masa depan yang lebih cemerlang melalui literasi. Ini sejalan dengan semangat perubahan menuju Ponorogo Hebat. Apalagi, literasi dalam perkembangannya bermakna semakin luas. Yatu, kedalaman seseorang atas sebuah pengetahuan untuk menciptakan suatu barang atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing global.

Penampilan Bertutur sebagai pembuka acara

Kegiatan ini berlangsung sangat meriah sekaligus penuh hikmat. Kegiatan diawali dengan penampilan dari Aya Chikamatzhu dan Nadia yang menampilkan tarian asli Ponorogo yaitu tari jathil dan dilanjutkan oleh penampilan bertutur oleh pemenang lomba bertutur Tingkat Kabupaten Ponorogo, Rusydan Briliant Akbar dari SD Muhammadiyah 1 Ponorogo, dengan judul cerita “Asal-usul Reog Ponorogo.”

Melalui sinergitas dari berbagai pihak diharapkan kedepan indeks literasi masyarakat Kabupaten Ponorogo semakin meningkat, dan siap menuju Ponorogo Hebat Berbudaya Literasi. (disperpusip/Vita/Tim Dok)

You May Also Like..

Sambut Grebeg Suro dengan Bacaan Menarik, Bazar Buku Diva Press Hadir di Ponorogo

Ponorogo – Dalam rangka menyambut Grebeg Suro, Bazar Buku Diva Press, hadir di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan pada tanggal 18 Juli – […]

Layanan Perpustakaan dan Dongeng Keliling ke MIN 7 Ponorogo

Keceriaan Sobat Pustaka MIN 7  Bersama Tim GEMBLAK (Gerakan Membaca Bercerita dan Literasi Anak Keliling) Ponorogo – Dinas Perpustakaan dan […]

Pelatihan MC Temanten Adat Jawa

Pembukaan Acara Pelatihan MC Bahasa Jawa Ponorogo – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo menyelenggarakan kegiatan Pelatihan MC Temanten Adat […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.